Pengertian dan Ciri-Ciri Cerpen

Cerpen adalah cerita pendek. Dari segi artian tersebut, sudah dapat kita ketahui bersama bahwa cerpen merupakan kategori cerita yang pendek atau cerita yang panjang. Cerpen merupakan salah satu dari beberapa jenis pelajaran yang dibahas dalam pelajaran bahasa indonesia.

Pengertian dan Ciri-Ciri Cerpen
Gambar membaca cerpen sumber pixabay.com

Pengertian cerpen menurut para ahli adalah :
  • Menurut KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia ), cerpen berasal dari dua buah kata yaitu cerita pendek, cerita berarti tuturan mengenai bagaimana terjadinya sesuatu hal dan pendek memiliki arti kisah yang diceritakan pendek atau tidak lebih dari sepuluh ribu suku kata yang mana memberikan sebuah kesan yang relatif dominan serta dalam ceritanya hanya berpusat pada satu tokoh saja.
  • Menurut Sumardjo dan Saini, cerpen adalah cerita fiktif ( tidak benar terjadi namun bisa saja terjadi kapanpun dan juga dimana saja ) dan ceritanya relatif pendek.
  • Menurut H. B. Jassin, cerpen adalah sebuah cerita singkat yang harus memiliki beberapa bagian penting, yaitu perkenalan, pertikaian dan penyelesaian.

Dari adanya pengertian menurut beberapa ahli diatas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa pengertian cerpen adalah sebuah cerita yang singkat (pendek) yang berbentuk prosa dan menceritakan tentang suatu hal. Berikut mengenai ciri-ciri cerpen dapat kalian jumpai dibawah ini.


Ciri-Ciri Cerpen

Adapun beberapa ciri-ciri cerpen yaitu :
  1. Memiliki alur yang sederhana
  2. Penerangan watak, latar dan juga tokoh cukup singkat
  3. Memiliki sifat fiksi atau rekayasa
  4. Ceritanya cukup padat, singkat dan intensif
  5. Bahasa yang digunakan harus menarik pembaca
  6. Habis dibaca dalam sekali duduk
  7. Hanya terdiri dari satu alur atau plot
  8. Jumlah tokoh pemeran hanya sedikit
  9. Hanya terdiri dari 3 sampai 10 halaman

0 Response to "Pengertian dan Ciri-Ciri Cerpen"

Post a Comment

Bila menjumpai kesalahan, silahkan kirim pembenahan kepada kami dengan cara berkomentar dibawah ini !!! Terima kasih

Powered by Blogger.