Pengertian Paragraf, Ciri-Ciri dan Fungsinya

Secara umum pengertian atau definisi paragraf adalah sekumpulan dari kalimat yang berupa karangan dari seseorang yang dibuat dengan kebanyakan memiliki satu pokok pikiran atau gagasan utama sebagai pusat pembahasan dan disertai dengan kalimat penjelas sebagai pendukungnya dan memiliki tujuan tertentu. Lebih jelasnya, paragraf yang baik merupakan sebuah paragraf yang terdiri atas kalimat pokok dan kalimat penjelas.

Paragraf juga sering disebut sebagai sebuah wadah tampat penuangan ide, fikiran, atau informasi lainnya dari seorang penulis melalui sebuah kalimat yang saling berkaitan dan memiliki inti dari beberapa kalimat yang ada. Sebuah paragraf biasanya terdiri atas pikiran, gagasan, atau ide pokok yang disertai dengan kalimat pendukung.

Gambar Pengertian Paragraf, Ciri-Ciri dan Fungsinya

Kalimat pokok atau yang sering disebut dengan gagasan utama, inti kalimat, atau topik kalimat adalah sebuah kalimat yang menjadi inti dari beberapa kalimat yang ada (kesimpulan dari beberapa kalimat dalam paragraf). Sedangkan yang disebut dengan kalimat penjelas atau kalimat pendukung adalah kalimat yang menjadi penjelas atau pendung dari kalimat pokok atau gagasan utama.

Paragraf memiliki ciri-ciri, syarat, dan fungsi yang bervariasi. Berikut mengenai beberapa hal tersebut dapat Anda simak ulasannnya dibawah ini.

Ciri-Ciri Paragraf

Beberapa ciri yang ada didalam sebuah paragraf adalah :
  • Memiliki letak yang agak dalam pada kalimat pertama. Artinya adalah pada kalimat pertamanya terletak sedikit lebih dalam seperti diberi jarak lima spasi untuk jenis karangan biasa dan kalimat selanjutnya dengan jarak tanpa spasi atau lebih kedepan dari pada kalimat pertama.
  • Memiliki inti kalimat sebagai pokok pikiran atau gagasan utama yang merupakan inti dari beberapa kalimat
  • Memiliki beberapa anak kalimat yang disebut dengan kalimat penjelas sebagai pengurai atau penjelas dari pokok pikiran atau kesimpulan kalimat
  • Terkadang topik berada di awal atau di akhir paragraf 
  • Terkadang ditutup dengan kalimat penutup yang masih berkaitan dengan gagasan utama

Syarat Paragraf

Adapun beberapa syarat agar sebuah kalimat bisa disebut dengan paragraf adalah :
  • Dalam beberapa kalimat mengandung pokok pikiran atau gagasan utama
  • Memiliki beberapa kalimat sebagai penjelas (kalimat penjelas), baik berupa penjelasan, uraiannya, ataupun contoh
  • Antar kalimat bersifat saling berhubungan atau padu (berkaitan satu sama lain). Dengan nama lain memiliki koherensi antar satu kalimat dengan kalimat yang lainnya.
  • Bersifat harmonis, semantis, normatis dan juga gramatis

Fungsi Sebuah Paragraf

1. Sebagai pengekspresian gagasan kedalam bentuk tertulis

Menuangkan segala ide, fikiran, gagasan, atau perasaan kedalam bentuk tulisan yang membentuk sebuah rangkaian kalimat yang dapat menjadi satu kesatuan.

2. Sebagai peralihan gagasan dalam karangan

Maksudnya adalah ketika dalam sebuah karangan tentu terdapat beberapa paragraf dan disetiap paragraf memiliki inti atau kalimat pokok yang berbeda. Nah, itulah yang disebut pragraf sebagai peralihan gagasan dalam sebuah karangan.

3. Sebagai pemudah dalam penulisan dan pemahaman

Maksudnya, dalam memahami inti atau gagasan yang dimaksud pada sebuah karangan akan menjadi lebih mudah ketika sebuah kalimat telah dijadikan satu dalam bentuk paragraf-paragraf. Hal ini akan jauh lebih memudahkan dalam penulisan dan pembacaan dari pada kalimat dibiarkan dan tidak dijadikan dalam bentuk paragraf.

Baca Juga Terkait :

4. Memudahkan pelebaran topik

Gagasan utama yang ada pada sebuah karangan akan menjadi lebih mudah untuk dikembangkan, dilebarkan, atau dijabarkan dalam unit atau bentuk yang lebih spesifik (unity) ketika dibentuk menjadi paragraf.

5. Memudahkan Pengendalian Variabel

Penulis atau pengarang akan menjadi lebih mudah dalam mengendalikan variabel-variabel tertentu terutama pada karangan yang terdiri dari banyak variable.

0 Response to "Pengertian Paragraf, Ciri-Ciri dan Fungsinya"

Post a Comment

Bila menjumpai kesalahan, silahkan kirim pembenahan kepada kami dengan cara berkomentar dibawah ini !!! Terima kasih

Powered by Blogger.